Program Kerja

PROGRAM KERJA KEMENTERIAN RISET BEM FK KM UNDIP PERIODE 2013 

1. Emerge Agent for Emergency (EAE)
Kesehatan merupakan hal utama dalam kehidupan. Seseorang yang sehat akan mampu melakukan segala aktifitas dalam kehidupannya. Seringkali dalam kehidupan sehari-hari ditemukan kejadian-kejadian yang tidak disangka-sangka dan mengganggu kesehatan atau kebugaran seseorang. Sebagai contoh adalah terjadinya bencana yang tidak terduga seperti banjir dan tanah longsor atau kejadian darurat lain seperti kecelakaan. Peran tenaga kesehatan sangat penting untuk memulihkan kembali kondisi fisik dan psikis dari orang yang bersangkutan. Dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang terlatih agar dalam situasi darurat, tenaga kesehatan bisa bertindak lebih cepat untuk mencegah memburuknya kondisi kesehatan korban.
Tenaga-tenaga kesehatan yang terlatih tidak hanya dituntut memiliki pengetahuan mendasar tentang pemberian pertolongan dan pemulihan kondisi, tetapi juga harus memiliki kemampuan atau skill untuk menerapkan pengetahuannya itu. Pemberian teori dirasa belum cukup menunjang terbentuknya tenaga kesehatan yang terlatih. Diperlukan sebuah pelatihan khusus untuk menerapkan teori yang didapat sehingga nantinya ketika seorang tenaga kesehatan menemukan kasus atau kejadian nyata dapat segera mengambil tindakan yang akan dilakukan.
Pelatihan Emerge Agent for Emergency merupakan wadah atau tempat bagi calon-calon tenaga kesehatan masa depan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan skill dalam menghadapi situasi gawat darurat yang nantinya dapat dipergunakan untuk menolong masyarakat luas.


2. PIM FK UNDIP 2013
Dalam rangka menumbuhkan budaya ilmiah dan meningkatkan kualitas karya khususnya mahasiswa Fakultas Kedokteran serta mempersiapkan mahasiswa untuk mencapai target lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2014. Maka diperlukan persiapan yang lebih matang dan sistematis untuk mendapatkan kualitas karya ilmiah yang baik dan mempunyai nilai ilmiah yang tinggi pula.
Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Riset BEM FK KM UNDIP sebagai wadah penyalur dan pengembang kreativitas mahasiswa FK UNDIP di bidang ilmiah,  mengadakan sebuah kegiatan bernama PIM FK UNDIP yang terdiri dari kegiatan tahap 1-3 dan temu ilmiah mahasiswa. Sehingga kegiatan PIM FK merupakan sarana yang tepat untuk memotivasi dan sebagai ajang untuk persiapan mahasiswa FK sebelum mengirimkan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) ke Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi).
PIM FK adalah sebuah ajang perlombaan karya tulis ilmiah mahasiswa setingkat fakultas kedokteran Undip. PIM FK merupakan salah satu program kerja dari kementerian riset BEM FK KM, lomba karya tulis ilmiah mahasiswa ini merupakan refleksi dari acara PIMNAS yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) setiap tahunnya. PIM FK dalam pelaksanaannya memiliki 3 (tiga) tahapan yaitu tahap 1 yaitu pengiriman hasil karya tulis ilmiah mahasiswa berupa hardcopy yang akan dikumpulkan ke kesekretariatan BEM FK KM dan dalam bentuk softcopy ke email PIM FK, tahap 2 yaitu penjurian dan penyeleksian hasil karya tulis ilmiah mahasiswa oleh para juri yang berkompeten di bidang tersebut sehingga dapat diambil 10 besar finalis terbaik, tahap 3 yaitu presentasi dan review 10 kelompok finalis yang lolos seleksi penjurian dihadapan para juri dan audiens serta sekaligus menentukan 3 juara terbaik, kemudian dilanjutkan dengan temu ilmiah yang dihadiri oleh mahasiswa fakultas kedokteran Undip. PIM FK ini diikuti oleh mahasiswa fakultas kedokteran Undip yang terdiri dari 3 program studi yaitu Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan, dan Kedokteran Umum. Peserta PIM FK ini berupa kelompok yang maksimal terdiri dari 5 orang dan minimal terdiri dari 3 orang, dimana setiap kelompok hanya dapat mengirimkan satu hasil karya tulis ilmiah mahasiswa. Penulisan karya tulis ilmiah ini mengacu pada format penulisan bentuk-bentuk PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) 5 bidang yang telah ditentukan oleh Ditjen Dikti yaitu PKM-GT, PKM-M, PKM-K, PKM-P, sehingga mahasiswa sudah terlatih untuk membuat PKM sebelum mengikuti lomba PKM nasional yang diadakan oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.     

3. Lingkar Riset FK

4. Kaderisasi Berbasis Riset

5. Riset Desa Binaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar